Friday, April 10, 2015

Banda Aceh n Sabang 06-10 maret 2014 (day 2)

Hari kedua, dimulai saat saya memilih untuk naik motor keliling banda. Biar yg lain pada naik mobil, saya mah milih naik motor aja deh. Meski panas menyengat tp tak mengapalah, sambil menuju ke rm ayam tangkap di dekat bandara untuk mencari makan siang, sekaligus menjemput beberapa teman yg datang dari jakarta. Kami menyusuri jalanan banda, dengan mengendarai 2 mobil n 2 motor.

Brum...brum.....

Saat 2 mobil menjemput ke bandara, saya dan kakak ipar yg naik motor langsung menuju rumah makan ayam ayam tangkap (ayam goreng dengan bbrp rempah/daun yg digoreng jg). Sembari menunggu yg dari bandara datang, ayam tangkap pesanan kamipun datanglah. Rasanya...yah seperti ayam goreng biasa saja yg di semarang. Tidak ada sayur lalapan mentah, yg ada, ya itu....daun2an yg digoreng bersama dengan ayam (entah daun apa saja, yg jelas ada daun jeruk n pandan jg).
Ayam tangkap

kiri:es timun serut gula, kanan:es cao pepaya muda sirup

Hajar blehhh!!!!

Setelah maksi, kami kembali ke rumah untuk packing barang menuju ke pelabuhan banda, untuk naik ferry cepat ke pulau sabang.

Tiket konter

Gerbang pelabuhan Ulee Lheee, Banda aceh

Hah, ini tas/koper berapa orang ya??? @@

Kami dari rumah di banda berangkat cm ber 9 (kami sekeluarga ber 5 n 4 teman dari jakarta). Ternyata oh ternyata, total rombongan kami ada sekitar 30 orang sodara2. Cm memang mereka berangkat sendiri2 (tinggal di banda) n kami baru ketemu dengan yg lainnya, ya di pelabuhan. Kapal berangkat sekitar jam 4 sore n sampai di pulau weh sekitar jam 5.30 sore.

Kapal cepat pulo rondo

Jadi ingat di terminal, 5rb 3 renceng, pilih aja sesukanya, ada kacang, permen, telur, gorengan, dll

Istirahat sejenak menikmati perjalanan penyeberangan selama 1 jam lebih dikit

Sampai di pelabuhan pulau weh, kami melanjutan perjalanan ke penginapan mr Freddie "Santai Sumur Tiga" dengan "taksi" pelabuhan alias omprengan. Gak pake tawar menawar, gak pake nego. Pokoknya per orang 25rb sekali jalan. Sdh harga standar n sama buat seluruh omprengan yg ada. Mau sendirian, mau rame2, perorang 25rb.

Milih omprengan terbaik! wkwk...

Perjalanan ke pantai Sumur tiga dimana penginapan Santai Sumur Tiga berada, ditempuh dalam waktu sekitar 20 mnt. Dengan menyusuri jalanan pulau weh yg bagus n berkelok kelok

Bongkar muatan, dah pokoknya model cowboy dah disini

Dan....tarraaaa!!!! Inilah tempat kami menginap, Santai Sumur Tiga by Freddie. Keliling2 sebentar, unpacking sebentar, menikmati sore.

Dilihat dari pantai

Bangunan utama, kantor sekaligus dapur/tempat makan

Santai sejenak di teras kamar

ciblon sebentar sebelum lanjut makan malam (fyi, matahari terbenam sekitar pukul 7 malam)

Acara selanjutnya adalah makan malam sodara2. Makan tidak termasuk dalam harga penginapan ini, tp kalau kita mau pesen, order buat makan pagi/siang/malam, ya bisa. Cm bukan order satuan ya (meski dia jg ada mini cafe yg jual aneka macam minuman, jus, nasgor n pizza, tapi yg saya bicarakan disini, dibuatin menu prasmanan/buffet, harga berapa, saya tidak tau krn semua yg booking n bayarin kakak, yg jelas menu buffet pagi paling murah, sedang paling mahal menu makan malam> Mungkin menu pagi cenderung makan ringan (meski ada nasi n lauk jg lho), sandwich ato cereal, sedang menu makan malam lebih berisi, daging keju ham, dll. Sebelum acara makan malam dimulai, seperti biasa mr Freddie selalu menjelaskan menu apa saja yg dia masak kali ini. mr Freddie, owner, sekaligus koki di penginapan ini. Dia pensiunan koki dari afsel yg jatuh cinta dengan pulau weh n memutuskan untuk membuat penginapan n tinggal disini.

mr Freddie sedang menjelaskan menu apa saja yg dia buat kali ini

Menu masakan buffet yg dibuatnya biasa lebih dari 6-8 macam (mungkin supaya tamu bisa memilih apa yg disukai), silakan all u can eat, n dijamin menu pasti sisa deh. Sering dia membuat menu campuran antara menu western n menu/bumbu indo. Malam ini beliau menyediakan (apa saja pastinya saya lupa), yg jelas ada lasagna standar, lalu kari kuah kentang, scramble egg, oseng buncis, salad makaroni, n salad wortel kentang.

Freddie's buffet dinner

Seharusnya ultah kakak hari ini, tp krn ada temen yg belum datang, maka diputuskan partynya besok malam, sekalian menunggu teman yg akan datang esok pagi. Tp...ternyata mr Freddie menyiapkan sedikit kue ultah buat kakak saya nih. Tentunya dengan sentuhan n hiasan2 minimalis. Happy birthday sis! :D

Nah lho, cake mini, dihias ama bunga2an liar dari taman sebelah! wkwkwk

Teng2, waktu tlah menunjukkan pukul 11 malam, saatnya kami beristirahat malam ini untuk melanjutkan petualangan esok hari.

Kamar saya. Semua kamar go green non ac, gak cocok buat menginap orang indo! wkwk